Translate

Jumat, 11 Mei 2012

Manajemen Risiko - RISIKO NILAI TUKAR (Bab 11)



Risiko nilai tukar merupakan potensi penyimpangan pada hasil atau eksposur yang diharapkan karena fluktuasi nilai tukar.

REJIM PEMERINTAHAN

Nilai tukar tidak mengandung risiko selama pemerintah menganut rejim nilai tukar tetap. Nilai tukar dipatok pada tingkat tertentu.
Risiko hanya terjadi pada saat pemerintahan melakukan devaluasi atau revaluasi mata uang. Kebijakan ini dibuat secara mendadak, artinya pihak non pemerintah tidak tahu kapan hal tersebut kapan dilakukan.
Sistem nilai tukar mengambang terkendali melahirkan risiko nilai tukar secara terbatas. Perusahaan dapat mengakomodasikan fluktuasi nilai tukar dalam system mengambang terkendali dalam strategi dan rencana perusahaan.
Pergerakan nilai tukar cenderung acak, sesuai dengan hipotesis gerak acak. Menurut hipotesis ini, nilai tukar tidak dapat diprediksi hanya menggunakan nilai tukar dan perdagangan valuta asing masa lalu.

DAMPAK NILAI TUKAR

Dampak nilai tukar mirip dengan dampak suku bunga. Nilai tukar dapat mempengaruhi kinerja perusahaan dari sisi arus kas, asset, maupun kewajiban. Perusahaan mengalami kerugian pada sisi asset dan arus kas masuk bila mata uang asing melemah terhadap Rupiah. Dan juga sebaliknya.
Kondisi sebaliknya terjadi pada sisi kewajiban dan arus kas keluar. Perusahaan mendapat keuntungan bila valuta asing melemah terhadap Rupiah. Dan sebaliknya.

Risiko Nilai Tukar terdiri dari tiga jenis risiko:
I.                    Risiko Transaksi
Merupakan potensi naik turunnya arus kas perusahaan (berkaitan dengan valuta asing) akibat nilai tukar.
Risiko transaksi nilai tukar berlaku untuk:
a.       Transaksi Masukan adalah transaksi yang menyebabkan masuknya uang perusahaan. Contoh; penjualan & investasi sekuritas.
b.      Transaksi Keluaran adalah transaksi yang menyebabkan perusahaan berkewajiban membayar. Contoh; pembayaran impor bahan baku & pembayaran kewajiban.

II.                  Risiko Akuntansi ( Risiko transaksi atau risiko konsolidasi)
Merupakan potensi fluktuasi laba perusahaan.
Perusahaan yang bisa terkena risiko akuntansi ada dua macam:
a.       Perusahaan jenis pertama adalah mereka yang memiliki pinjaman/ asets dalam mata uang asing.
b.      Perusahaan jenis kedua yang terkena risiko akuntansi adalah mereka yang memiliki cabang/ anak perusahaan di luar negeri.

III.  Risiko Ekonomi
Risiko ekonomi merupakan potensi fluktuasi nilai perusahaan atau kekayaan pemegang saham akibat perubahan nilai tukar. Dengan kata lain, risiko ekonomi berkaitan dengan potensi fluktuasi pada eksposur korporat. Eksposur korporat berupa nilai perusahaan atau kekayaan pemegang saham. Bagi perusahaan yang telah go public, eksposur korporat tercermin pada harga saham. Karena harga saham merupakan objek yang perlu dikukur, dimonitor, dan dikendalikan terhadap resiko dan objek tersebut mencerminkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.
Nilai perusahaan atau harga saham tergantung pada dua variabel: ekspektasi arus kas dan factor diskon. Perubahan nilai tukar bias menyebabkan perubahan arus kas.
Dampak perubahan nilai tukar terhadap ekspektasi arus kas sangat beragam, tergantung dari aktivitas perusahaan. Bagi perusahaan yang menggunakan bahan baku impor dan pembayaran dalam US$, sedangkan penjualan produk hanya di dalam negeri dalam pembayaran Rupiah, melemahnya Rupiah terhadap US$ berdampak sangat buruk. Ini sudah terbukti selama krisis sejak pertengahan tahun 1997. Karena beban pembayaran bahan baku impor meningkat, sedangkan nilai jual tidak meningkat seperti naiknya biaya bahan baku tersebut.
Sebaliknya, menguatnya Rupiah terhadap US$ menguntungkan pengguna bahan baku impor. Perusahaan dapat menghemat Rupiah untuk membayar bahan baku sementara penjualan konstan, atau bahkan meningkat. Akibatnya, ekspektasi keuntungan membaik dan ekspektasi arus kas juga membaik.
Berbeda bagi eksportir. Melemahnya Rupiah terhadap US$ justru menguntungkan perusahaan. Dengan penjualan yang sama dalam US$, pendapatan dalam Rupiah meningkat. Akibatnya, ekspektasi keuntunan meningkat dan ekspektasi arus kas juga meningkat. Dan juga sebaliknya.
Faktor diskon mencerminkan tingkat resiko perusahaan. Semakin tinggi persepsi mengenai tingkat risiko perusahaan, semakin tinggi juga faktor diskon. Dampaknya, nilai perusahaan atau harga saham semakin kecil.
Melemahnya Rupiah cenderung menyebabkan faktor diskon meningkat. Depresiasi Rupiah terjadi karena memburuknya kondisi ekonomi, bahkan juga memburuknya kondisi politik dan pemerintahan, keamanan, dan potensi ekonomi. Hal-hal tersebut menyebabkan hilangnya daya tarik investasi karena investor takut. Ketakutan tersebut kemudian tercermin dalam faktor diskon.

TINDAKAN PERUSAHAAN

Terhadap ketiga jenis risiko yang termasuk dalam risiko nilai tukar ini, perusahaan dapat menerapkan berbagai alternative tindakan: penghindaran resiko, pengurangan risiko, pengalihan risiko, atau penahanan risiko.
Perusahaan bisa menerapkan teknik penghindaran risiko nilai tukar dengan tidak mau berurusan dengan valuta asing. Namun, tindakan ini tidak menarik bagi kebanyakan pengusaha, apalagi urusan valuta asing tersebut berkaitan dengan ekspor.
Cara yang banyak diterapkan antara lain dengan menggunakan alternatif kedua, pengurangan risiko. Perusahaan dapat mengurangi risiko secara ekstrim dengan melakukan tindakan pengimbangan (square). Untuk menghindari risiko transaksi, perusahaan harus membuat supaya volume dan masa jatuh tempo arus kas keluar sama persis dengan volume dan masa jatuh tempo arus kas masuk. Tentu saja tindakan ini sangat sulit karena volume dan jatuh tempo arus kas buka semata-mata hasil keputusan manajemen perusahaan, tetapi juga mendapat pengaruh dari pihak luar.
Bagi yang memiliki cabang atau anak perusahaan di luar negeri, perusahaan dapat melakukan pengurangan risiko dengan menyeimbangkan sisi asset dan kewajiban yang sensitive terhadap nilai tukar.

4 komentar:

  1. Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  2. Lingkaran cahaya

    Assalamu`alaikum `Insya Allah ANNISA AHMAD LOAN COMPANY:

    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Persiapan e.t.c? Mungkin anda membutuhkan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat anda targetkan salah satu dari jumlah yang anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} is Disini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi di properti, proyek / bisnis dan juga memberikan 100% penawaran untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk orang-orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, pengangkut, inilah kesempatan anda untuk berinvestasi atas apa yang anda rencanakan di sini adalah untuk investasi anda, kami juga membutuhkan layanan dari Pialang yang bisa bayar orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami bayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan atau persyaratan. Investor
    Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} kejujuran kepercayaan dalam pelayanan kami
    Assalamu`alaikum wr wb,

    BalasHapus
  3. Lingkaran cahaya

    Assalamu`alaikum `Insya Allah ANNISA AHMAD LOAN COMPANY:

    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Persiapan e.t.c? Mungkin anda membutuhkan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat anda targetkan salah satu dari jumlah yang anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} is Disini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi di properti, proyek / bisnis dan juga memberikan 100% penawaran untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk orang-orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, pengangkut, inilah kesempatan anda untuk berinvestasi atas apa yang anda rencanakan di sini adalah untuk investasi anda, kami juga membutuhkan layanan dari Pialang yang bisa bayar orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami bayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan atau persyaratan. Investor
    Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} kejujuran kepercayaan dalam pelayanan kami
    Assalamu`alaikum wr wb,

    BalasHapus
  4. Hubungi kami:
                                    (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
                                      WhatsApp:::+6282274045059
                                        Tel ....:::+6282274045059

    Apakah Anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan dengan alasan apa pun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan finansial Anda. Kami telah menyediakan Miliaran (mata uang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis. Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tentukan sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman untuk semua jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk membayar kembali pinjaman. Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk membayar tagihan? atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda? ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY bertujuan untuk memberikan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    BalasHapus