Translate

Jumat, 11 Mei 2012

Bayi Memiliki Keterampilan Sosial

Bayi ternyata bisa berkomunikasi dengan bayi lain melalui bercanda satu sama lain sebagai bentuk persahabatan. Hal ini diungkapkan para peneliti.

Menurut sebuah tes yang dilakukan para ilmuwan di Charles Sturt University, Australia, bayi berusia 6 sampai 18 bulan mampu "berbicara" satu sama lain melalui gerakan, suara, dan tawa.

Para peneliti yakin pada penemuan itu setelah meletakkan kamera kecil di kepala bayi selama 10 sampai 15 menit untuk memantau pandangan mata bayi tersebut. Tingkah laku bayi ternyata mengejutkan para peneliti. "Kami terkejut melihat betapa canggihnya mereka dalam hal keterampilan sosial," kata Profesor Jennifer Sumsion dalam sebuah studinya, seperti dikutip The Huffington Post, Rabu, 22 Februari 2012.

Menurut Sumsion, dari penelitian itu didapati bayi mampu membantu satu sama lain. Mereka juga memastikan teman-temannya berkumpul untuk menjadi bagian dari mereka. Uniknya, komunikasi ini juga meliputi candaan kecil seperti berpura-pura memberi mainan kepada temannya, lalu, menariknya lagi, sepersekian detik sebelum mainan tersebut diambil.

Sumsion menemukan sebuah momen yang menyentuh hatinya saat melihat adegan yang terjadi antarbayi. "Ada bayi perempuan berusia satu tahun sedang menghibur bayi yang sedang ketakutan," ujarnya. Ia mengatakan para peneliti terkejut melihat bayi ternyata sudah mampu melakukan banyak hal di usia muda, lebih dari yang diperkirakan.

Survei lain yang dilakukan peneliti Florida Atlantic University juga menemukan bahwa bayi belajar berbicara bukan hanya dari suara atau pendengaran, tetapi juga dengan melihat gerakan bibir dan ocehan orang tuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar